Pages

Sabtu, 17 Mei 2014

Monpera akan memiliki air mancur menari

Pemerintah kota (Pemkot) Palembang mempunyai jurus jitu untuk mengembangkan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) untuk disulap menjadi area publik. Dengan mengedepankan taman terbuka hijau, tak kalah menariknya di plaza Monpera ini akan dibuat air mancur menari.

Kepala Dinas Tata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, perlunya dilakukan revitalisasi Monpera yang ada dipusat kota tersebut. “Saat ini sudah dikerjakan perbaikan Monpera dengan memotong pagar Monpera, sehingga nantinya monpera menjadi taman dan kawasan terbuka untuk publik,” katanya.

Sejauh ini Monpera yang ada di Jalan Merdeka ini terkesan kurang terawat, padahal Monpera salah satu menjadi perwajahan kota Palembang. Menurutnya, poin revilitasisasi yang akan dilakukan hampir merata di setiap sudut Monpera yaitu mulai dari menambah penghijauan di seluruh area sekitar Monpera baik sisi depan, belakang dan samping, ditambah air mancur menari di tengah Monpera serta ada tulisan Palembang, tempat kursi yang berada di pinggir (tepi) area monpera, trape.

“Nanti tidak ada pagar yang membatasi, yang ada hanya tangga kecil yang melingkar diseluruh kawasan Monpera, sehingga masyarakat dapat duduk santai disana,” ucap Isnaini.

Selain itu, Monpera dan museum Sultan Mahmud Badararuddin (SMB) II akan menyatu. “Rooftop akan ada tempat khusus foto-foto dengan view langsung kota Palembang dan Ampera,” sebut Isnaini. Untuk menarik minat masyarakat agar masuk ke museum akan dibangunan lift, tapi lift nya berada di lantai lima. Masyarakat yang ingin naik ke rooftop harus berjalan kaki,” ulas Isnaini, yang tidak mau menyebutkan berapa besar biaya untuk pembugaran.

Namun, lanjut dia, revitalisasi tidak menyentuh bangunan inti Monpera sebab setiap detail bangunan mengandung makna, apalagi tahun lalu sudah dilakukan pembugaran bagian dalam Monpera.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yanuarpan mengatakan, keberadaan monpera memang harus segera di revitalisasi mengingat kondisi luar bangunan yang sudah banyak yang tidak prima lagi dan banyak batuan alam yang sudah terkelupas. “Revitalisasi akan melibatkkan beberapa SKPD yang berwenang sesuai dengan tugas dan fungsinya,” katanya.

Misalnya, sambung dia, Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) yang akan melakukan penambahan lampu, taman dan air mancur. Kemudian, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) untuk jalan dan lainnya. “Pengerjaan Monpera akan dilakukan secara bertahap,” sebutnya. Dengan keberadan taman kota ini akan dapat menarik para turis datang kesini untuk berfoto-foto selain BKB dan museum SMB II.

Sebelumnya, Walikota Palembang, Romi Herton mengatakan, kenyamanan yang meliputi kebersihan, keindahan dan keamanan kota Palembang akan memiliki daya pikat investasi dan kunjungan wisata di kota ini, sehingga pertumbuhan ekonomi kota Palembang makin meningkat. “Kota Palembang harus dibuat senyaman mungkin sehingga warga Palembang maupun pendatang merasa betah. Caranya, dengan memperbanyak penghijauan dan taman,” katanya.


Meningkatkan kenyamanan tersebut jajaran, lanjut dia, Pemkot Palembang saling bahu-membahu dan berkoordinasi sehingga program-program yang digulirkan dalam rangka menarik minat wisatawan dan investasi saling seiring berjalan. Salah satunya, revitalisasi pelataran Monpera, Pulau Kemaro dan titik lainnya yang dapat menarik wisatawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar